PERAN ISLAM DALAM
SEJARAH DUNIA
Ø Sejarah dunia terdiri atas tiga
katagori : Primitive dan Oriental.
·
Primitive
adalah tidak benar-benar sejarah sama sekali dalam arti aneh (ambivalen).
·
Oriental
adalah baik awal panggung, seperti Hegel sendiri, atau pelengkap dengan cara
tertentu untuk Barat. Dalam kasus apapun rasionalitas, kebebasan, dan kemajuan
adalah karakteristik dari Barat.
Namun
secra bahsa oriental disini adalah adat istiadat (tabiat) bisa juga dibilang
oriental adalah “secara sepihak” sipritual.
Ø Peran Islam dalam sejarah dunia
Sampai abad ketujuh belas dari era kita, masyarakat Islamicate yang terkait
dengan agama Islam adalah masyarakat yang paling luas di Afro Eurasia belahan
dan memiliki pengaruh paling besar terhadap masyarakat lain. tetapi juga karena
di dalamnya adalah menyatakan budaya tekanan efektif tertentu - kosmopolitan
dan egaliter (Dan anti-tradisional) - yang dihasilkan dalam lebih tua dan lebih
sentral tanah masyarakat ini.
Ø Budaya dunia Islam menawarkan norma
internasional kecanggihan untuk banyak orang ketika mereka sedang
diintegrasikan ke perhubungan komersial belahan otak. Hal ini juga menawarkan
kerangka politik yang fleksibel untuk peningkatan jumlah panjang beradab
masyarakat.
Ø Dalam peran dunia, masyarakat
Islamicate dan budaya menunjukkan kreativitas terus-menerus dan pertumbuhan,
meskipun beberapa periode yang lebih kreatif daripada yang lain, sampai cukup
zaman modern, maka pembangunan itu terganggu, bukan oleh dekadensi internal
yang tetapi oleh peristiwa eksternal belum pernah terjadi sebelumnya.
Ø Di ujung utara, Muslim juga
menghadapi tantangan dari Christian Eropa. Para Moskow, yang telah menjadi
independen dari Muslim sedangkan aturan
di abad sebelumnya, sedang membangun sebuah luas dan kuat yang sangat domain,
dan benar-benar berhasil menaklukkan Muslim dinegara Volga.
Ø pada abad keenam belas dan baik ke
tujuh belas, Muslim menemukan diri mereka pada titik puncak tidak hanya politik
kekuasaan, tetapi juga kreativitas budaya. Hal ini terutama terjadi di wilayah
tua inti dari budaya Islam, Fertile Crescent dan Iran dataran tinggi.
Ø Kami memiliki sedikit gagasan apa
yang sedang dilakukan dalam ilmu alam. Dalam waktu observatorium besar di
Samarqand, pada abad kelima belas, Astronom muslim tentu saja yang mengikuti
dan mungkin masih di depan mereka di Cina dan Barat, di mana, setelah puncaknya
pada ketiga belas abad di bawah pengaruh Islam, studi ilmiah telah menjadi
kurang aktif pada abad keempat belas. Namun deretan Arab dan Persia ilmiah
karya segala macam yang bertahan telah jarang dan masih kurang membaca sejak
akhir century.
Ø dalam daerah di mana kontraksi
ekonomi dapat diidentifikasi di satu sisi atau yang lain, sedikit perbedaan
telah dibuat antara budaya efek kontraksi sebagai suatu proses pada waktu tertentu
dan orang-orang dari tingkat yang lebih rendah tetapi stabil sumber daya
ekonomi setelah kontraksi sudah lama terjadi, atau antara keterbatasan sumber
daya tersedia untuk patronase non-ekonomi kegiatan budaya, yang mungkin menurun
sebagai hasilnya, dan pengurangan yang sebenarnya di tingkat ekonomi teknik dan
kecanggihan, yang dalam hal apapun akan sulit untuk menunjukkan (Sebelum abad
kedelapan belas). Singkatnya, bahkan apabila kita dapat berbicara kontraksi
ekonomi, kita belum bisa mengidentifikasi pasti ada budaya correlatives itu,
ekonomi atau sebaliknya.
Ø Islam pertama kali didirikan, sebagai
kesetiaan dari komunitas besar, di zona luas Semit dan tanah Iran antara Nil
dan sungai Oxus. Islam memiliki sering yang telah ditafsirkan terutama dalam
hal lingkungan Arab.
Ø Meskipun Mayoritas penduduk lokal
kafir, kelompok Arab masih memiliki dan
mengadopsi beberapa Yahudi atau Kristen kesetiaan namun pernyataan ini tidaklah
benar dibalik pekara ini Arab tidak mengadopsi bahasa lokal dan sistem agama melainkan
mampu memaksakan bahasa mereka sendiri dan kesetiaan pada berbagai bangsa
mereka.
Ø Yahudi sangat kuat di Madinah, namun disisi
lain di mana Muhammad masuk tuk memimpin suatu komunitas independen yang
akan menempatkan cita-citanya dalam praktek. Banyak perselisihan agama yang
gelisah di antara orang Kristen dan orang-orang Yahudi di wilayah tersebut pada
umumnya ditemukan gema di Mekah dan Madinah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar