Jumat, 31 Mei 2013

PERAN ISLAM DALAM SEJARAH DUNIA



PERAN ISLAM DALAM SEJARAH DUNIA

Ø    Sejarah dunia terdiri atas tiga katagori : Primitive dan Oriental.
·         Primitive adalah tidak benar-benar sejarah sama sekali dalam arti aneh (ambivalen).
·         Oriental adalah baik awal panggung, seperti Hegel sendiri, atau pelengkap dengan cara tertentu untuk Barat. Dalam kasus apapun rasionalitas, kebebasan, dan kemajuan adalah karakteristik dari Barat.
Namun secra bahsa oriental disini adalah adat istiadat (tabiat) bisa juga dibilang oriental adalah “secara sepihak” sipritual.
Ø    Peran Islam dalam sejarah dunia Sampai abad ketujuh belas dari era kita, masyarakat Islamicate yang terkait dengan agama Islam adalah masyarakat yang paling luas di Afro Eurasia belahan dan memiliki pengaruh paling besar terhadap masyarakat lain. tetapi juga karena di dalamnya adalah menyatakan budaya tekanan efektif tertentu - kosmopolitan dan egaliter (Dan anti-tradisional) - yang dihasilkan dalam lebih tua dan lebih sentral tanah masyarakat ini.
Ø    Budaya dunia Islam menawarkan norma internasional kecanggihan untuk banyak orang ketika mereka sedang diintegrasikan ke perhubungan komersial belahan otak. Hal ini juga menawarkan kerangka politik yang fleksibel untuk peningkatan jumlah panjang beradab masyarakat.
Ø    Dalam peran dunia, masyarakat Islamicate dan budaya menunjukkan kreativitas terus-menerus dan pertumbuhan, meskipun beberapa periode yang lebih kreatif daripada yang lain, sampai cukup zaman modern, maka pembangunan itu terganggu, bukan oleh dekadensi internal yang tetapi oleh peristiwa eksternal belum pernah terjadi sebelumnya.
Ø    Di ujung utara, Muslim juga menghadapi tantangan dari Christian Eropa. Para Moskow, yang telah menjadi independen dari Muslim sedangkan  aturan di abad sebelumnya, sedang membangun sebuah luas dan kuat yang sangat domain, dan benar-benar berhasil menaklukkan Muslim dinegara  Volga.
Ø    pada abad keenam belas dan baik ke tujuh belas, Muslim menemukan diri mereka pada titik puncak tidak hanya politik kekuasaan, tetapi juga kreativitas budaya. Hal ini terutama terjadi di wilayah tua inti dari budaya Islam, Fertile Crescent dan Iran dataran tinggi.
Ø    Kami memiliki sedikit gagasan apa yang sedang dilakukan dalam ilmu alam. Dalam waktu observatorium besar di Samarqand, pada abad kelima belas, Astronom muslim tentu saja yang mengikuti dan mungkin masih di depan mereka di Cina dan Barat, di mana, setelah puncaknya pada ketiga belas abad di bawah pengaruh Islam, studi ilmiah telah menjadi kurang aktif pada abad keempat belas. Namun deretan Arab dan Persia ilmiah karya segala macam yang bertahan telah jarang dan masih kurang membaca sejak akhir century.
Ø  dalam daerah di mana kontraksi ekonomi dapat diidentifikasi di satu sisi atau yang lain, sedikit perbedaan telah dibuat antara budaya efek kontraksi sebagai suatu proses pada waktu tertentu dan orang-orang dari tingkat yang lebih rendah tetapi stabil sumber daya ekonomi setelah kontraksi sudah lama terjadi, atau antara keterbatasan sumber daya tersedia untuk patronase non-ekonomi kegiatan budaya, yang mungkin menurun sebagai hasilnya, dan pengurangan yang sebenarnya di tingkat ekonomi teknik dan kecanggihan, yang dalam hal apapun akan sulit untuk menunjukkan (Sebelum abad kedelapan belas). Singkatnya, bahkan apabila kita dapat berbicara kontraksi ekonomi, kita belum bisa mengidentifikasi pasti ada budaya correlatives itu, ekonomi atau sebaliknya.
Ø    Islam pertama kali didirikan, sebagai kesetiaan dari komunitas besar, di zona luas Semit dan tanah Iran antara Nil dan sungai Oxus. Islam memiliki sering yang telah ditafsirkan terutama dalam hal lingkungan Arab.
Ø    Meskipun Mayoritas penduduk lokal kafir, kelompok Arab masih  memiliki dan mengadopsi beberapa Yahudi atau Kristen kesetiaan namun pernyataan ini tidaklah benar dibalik pekara ini Arab tidak mengadopsi bahasa lokal dan sistem agama melainkan mampu memaksakan bahasa mereka sendiri dan kesetiaan pada berbagai bangsa mereka.
Ø   Yahudi sangat kuat di Madinah, namun disisi lain  di mana Muhammad masuk  tuk memimpin suatu komunitas independen yang akan menempatkan cita-citanya dalam praktek. Banyak perselisihan agama yang gelisah di antara orang Kristen dan orang-orang Yahudi di wilayah tersebut pada umumnya ditemukan gema di Mekah dan Madinah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar